Google+ Followers

Minggu, 26 Februari 2012

LKO KMKL, LKO keduaku

LKO adalah latihan kepemimpinan organisasi. Acara yang sebenarnya lumrah diadakan dalam proses regenerasi dalam suatu organisasi.
Di SMA aku menyebutnya LDK. Mungkin hanya berbeda istilah, namun menurutku tujuannya sama.

Tanggal 24-26 Februari lalu, aku menjalani LKO keduaku. LKO dari himpunan tercintaku, KMKL (Keluarga Mahasiwa Teknik Kelautan ITB).
Bertempat di daerah Lembang nan dingin, di barak-barak TNI yang bau. Namun itu tidak mengurangi rasa ingin tahuku saat pertama kali tiba di lokasi. Akan seperti apakah acara LKO ini? Akankah sama dengan LKO-ku yang pertama bersama unit? Kita simak saja..

Tiba di lokasi pukul sembilan malam. Acara BBQ-an jadi ajang pembuka. Ditemani angin dingin yang berhembus, puluhan peserta menikmati acara bakar sosis dan bermain api unggun. Beberapa bahkan bernyanyi bersama dengan alunan petikan gitar, termasuk aku. Lumayan juga acara ini untuk mendekatkan para peserta yang sebenarnya beda angkatan (2009-2010), pikirku. Acara inipun berakhir menjelang tengah malam, dan peserta beristirahat untuk menyambut rangkaian acara lain esok hari.

25 Februari 2012 datang. Semua peserta bangun begitu pagi karena saking bersemangatnya. Dimulai dengan acara senam pagi, yang sebenarnya agak berantakan gerakannya menurutku..haha. Dan dilanjutkan semua peserta sarapan pagi bersama.

Jeng, jeng, jeng.. Acara yang aku tunggupun tiba. Pemberian materi. Kenapa aku menunggunya? Ya, karena aku berpikir bahwa acara LKO itu biasanya hanya berisi doktrinisasi kepada angkatan selanjutnya untuk melanjutkan tampuk kepemimpinan.
Dan..
Di luar dugaan, panitia malah menyuguhkan materi kemahasiswaan yang bergesekan dengan Prodi dan pihak kampus (LK). Wow, seru juga. Apalagi saat pertanyaan-demi pertanyaan mengalir mengenai pembatasan-pembatasan kegiatan kemahasiswaan, dst. Tapi entah mengapa, jawaban yang diberikan oleh pembicara (red. dosen) terlalu jauh dari kata gamblang. Terlalu normatif. Tidak tepat sasaran dan terlalu melebar. hmmm..

Ya itulah inti pemberian materi di hari pertama. Pada malam harinya ada sedikit pembekalan dalam pemahaman kondisi dari kakak 2008. Intinya adalah mengenai analisis kondisi dan kebutuhan, dan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Treath).
 Acara pemberian materi ini diselingi dengan beberapa simulasi diskusi juga lho. Dan memang benar, praktek itu lebih susah dari teori..huhu
Terkadang dalam diskusi terjadi stagnant time, dimana para peserta sendiri bingung untuk menentukan analisis yang tepat dalam suatu masalah, di antaranya saya..hehe

Di akhir sesi, ada pengumuman perolehan poin. Asal kalian tahu aja, di LKO ini ada SOP yang mengatakan "akan ada penambahan poin untuk keaktifan peserta. Dan akan ada pengurangan poin untuk pelanggaran peraturan".
Lalu untuk apakah poin ini? Reward dan Punishment. Yang tertinggi dapet free trip bandung, yang terendah jadi koordinator bebersih sekre.. uwooooooooo :D


Waktu istirahat malampun menjemput. Ayo tiduurrr.. Capek seharian dituangi materi terus euy..
Tapi ada kejutan kecil di tengah barak cewek nih. Sahabatku olive Djalamangkara, Susanti Niken Aldila , memasuki usia 20 tahunnya. Dan beberapa olive membangunkan tidurnya dengan nyanyian Happy Birthday. Wah, wah. selamat ultah ya ken! cups :D

Okeee,
Hari kedua hadiiiirr..hahaa
Inilah hari paling seru.
Materinya asyik. Mengenai skill komunikasi, kepemimpinan, manajemen organisasi. Wow, pembicaranya bisa menghidupkan suasana. Sungguh menarik..
Dan lagi, beberapa peserta jadi banyak yang bertanya (mengaktifkan diri) untuk mengejar poin agar tidak mendapat punishment. Makin ramailah suasana ruang seminar..huhuy

Salah satu pembicara yang saya suka adalah ka burhan KL 2006. Di awal beliau berkata, "saya sebenarnya juga tidak terlalu mengerti mengenai teori kepemimpinan. segala yang saya tahu semuanya berasal dari pengalaman saya selama aktif di kampus".
Hmm, saya suka prakata darinya. Experience is the best teacher :)

Acara hari itupun berakhir sore hari. Semua peserta bebersih barak dan berfoto bersama.
Meski sempat dihadang hujan, namun akhirnya acara foto-foto tetap jalan..hehee

Di akhir, pandanganku berkeliling ke semua penjuru lokasi LKO.
Ini LKO keduaku.
Di lokasi yang berbeda
Dengan orang-orang yang berbeda
Dan dalam balutan tujuan organisasi yang berbeda.
Lebih banyak bekal yang kuminum untuk menatap kehidupan kampus selanjutnya.


That's the great LKO, I mean.
Dan yang terakhir, aku berharap bisa mengadakan LKO untuk unitku sekeren LKO keduaku ini. Cups ^^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar